Rabu, 02 November 2016

Tips Mengatasi Demam Panggung (Presenter,MC,Presentasi,Pidato)

Demam panggung sering sekali terjadi, baik untuk menjadi presenter, MC, Presentasi dan lain-lain. Hal ini dapat kita minimalisir dengan melakukan hal-hal dibawah ini:


1. BERDOA
Ya berdoa adalah salah satu bentuk permohonan/meminta pertolongan kepada Sang Pencipta, supaya segala sesuatu dapat di mudahkan kala tampil berpidato/MC/Presenter di depan umum. 

2. TANAMKAN RASA PERCAYA DIRI YANG KUAT
Yakinkan diri kita bahwa kita pasti dapat melakukannya. tanamkan dalam benak kita bahwa tampil di depan umum adalah hal yang begitu mudah. Buang jauh-jauh rasa minder. Tanamkan pada diri kita rasa percaya diri yang kuat supaya berani tampil di atas panggung. Dengan rasa percaya diri dan keberanian yang kita tanamkan, maka hal ini akan mampu mengalahkan rasa takut yang selalu menghantui pikiran.

3. JANGAN TAKUT SALAH
Kadang kala seseorang merasa stress sehingga mengalami demam panggung akibat merasa takut gagal  saat harus tampil didepan orang banyak. Salah satu cara mengatasi demam panggung adalah dengan menghilangkan pikiran bahwa kita harus sukses. Yakinkan dalam hati kita bahwa kita benar sudah siap.

4. HILANGKAN NEGATIF THINKING
Hilangkanlah pikiran-pikiran negatif yang bisa mempengaruhi, sehingga pikiran tersebut menjadikan kita merasa takut untuk tampil dihadapan orang banyak.

5.SIAPKAN MATERI YANG AKAN DI BAWAKAN
Berbicara di hadapan orang banyak sebenarnya sama saja jika kita bercakap-cakap dengan teman. Hanya saja yang membedakan hal demikian dilakukan secara formal di hadapan khalayak ramai. Sebaiknya kita harus menguasai materi yang hendak kita paparkan atau jika kita sebagai presenter siapkan key card mengenai susunan acara yang akan kita bawakan,  supaya tak akan terjadi demam panggung.

6. LATIHAN BERBICARA DI HADAPAN CERMIN
Mengulang ulang materi dengan suara lantang sangatlah penting. Buatlah suasana selayaknya kita sedang berada di hadapan orang banyak dengan menggunakan media cermin. Berdiri tegak di hadapan cermin yang besar dan mulailah berakting, Anggap saja bayangan kita  yang ada dalam cermin sebagai para tamu/undangan yang hadir dalam acara yang akan kita hadiri/ kita bawakan. 

7. PAHAMI KONDISI PENONTON/AUDIENCE
Penonton adalah faktor utama peyebab seseorang mengalami demam panggung. sebaiknya kenalilah karakter  penonton yang ada dalam acara. sesuaikan dengan hal yang hendak kita sampaikan atau hal lain yang nantinya akan kita sampaikan. Jika Audience berasal dari kalangan orang-orang yang berpedidikan tinggi, gunakanlah gaya bahasa formal demi menciptakan perasaan nyaman. 

8. SEOLAH OLAH KITA TAHU SEMUA ( LEBIH TAHU DARIPADA PENONTON )
Anggaplah bahwa kita lebih tahu daripada Audience hal demikian adalah salah satu upaya yang dianggap efektif untuk menghindari pikiran-pikiran lain yang bisa mengganggu sehingga menjadikan kita merasa cemas. Kala berbicara  dihadapan orang banyak, yakinkan pada diri sendiri bahwa kita adalah seorang penguasa di tempat itu,  orang yang lebih tahu ketimbang orang yang ada di depan . Dengan menerapkan hal ini bahwa kita lebih pintar dan cerdas daripada audience hal ini dapat menjadikan kita lebih leluasa dan merasa nyaman berbicara depan umum baik untuk presenter maupun pidato. 

9. LAKUKAN PERCOBAAN
Walaupun sebelumnya kita sudah menerapkan beberapa tips supaya tidak demam panggung tapi kadang kala pada saat acara sedang berlangsung rasa takut akan muncul saat menanti giliran tampil. Untuk mengatasi hal demikian minumlah segelas air putih sebelum naik pangung serta tarik nafas dalam-dalam. Tips jika berada pas berada di atas panggung/depan umum tubuh anda gemetaran maka peganglah sesuatu. Misal memengang benda yang tak bergerak stand mic atau meja podium hal ini dapat menyamarkan getaran.


Demikian hal-hal yang bisa duniapresenter.blogspot.com sampaikan, semoga bermanfaat dan tidak canggung tampil di depan umum baik sebagai presenter, MC, Pidato, Presentasi dan lain-lain. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar