Selasa, 01 November 2016

Olah Vokal Presenter dan MC

Modal utama seorang penyiar dan MC adalah suara. Kedua profesi ini sangat Tergantung pada suara emas. Untuk memperoleh suara yang baik memerlukan pernapasan yang baik pula. Maka, penyiar & MC  harus sering latihan  olah napas dan olah vokal agar "tidak ngos-ngosan" saat bertugas, dan  juga agar tarikan napas tidak masuk mikrofon.

Latihan olah vokal bermanfaat untuk  melatih pengucapan pelafalan kata, kekuatan suara, dan kekuatan serta kendali napas. Latihan teknik vokal juga dimaksudkan agar saat bertugas, penyiar dan MC bisa mengeluarkan suara (berbicara) secara jelas, "merdu", indah, dan "memikat" para audience. 
Berikut ini beberapa teknik latihan olah vokal yang biasa dilakukan di tempat kursus menyanyi serta kursus penyiar radio dan pembawa acara (MC):
Tarik napas, tahan sejenak, lalu keluarkan secara perlahan.
Ambil napas, keluarkan dengan cara berdesis: “sss… sss…s ss…” kaya ngempesin ban.
Aktifkan diafragma dengan tertawa lepas:  ha ha ha ha…. , hi hi hi hi…., he he he he…., hu hu hu hu….., ho - ho - ho - ho –ho…
Ambil napas, keluarkan sambil menyuarakan vokal  A I U E O
Melatih otot rongga suara: NIN NEN NO HO HO HO HO.... NIN NEN NU HU HU HU HU. NIN NEN NE HE HE HE HE. NIN NEN NI HI HI HI HI HI. Temponya dari lambat ke cepat
Melatih kekuatan suara: "DO RE MI FA SO LA SI DO RE MI FA SO LA... "
Melatih Artikulasi – kejelasan pengucapan huruf dan kata, misalnya mengucapkan  “Kepala digaruk kelapa diparut” dengan cepat minimal 10 kali, ditambah dengan mengucapkan kalimat di bawah ini dalam satu tarikan napas..Kuku-kuku kaki-kaki kakak-kakak kakekku kaku-kaku kena paku-paku. Aku terpaku terkikik-kikik, kakak-kakakku terkekeh-kekeh. Aku terkikik-kikik bersama kakek-kakakku, saat lihat kakakku si wajah kaku meringkik dan merangkak hingga kuku-kukunya tersangkut paku-paku di sekitar palu.

Demikian, semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar