Selasa, 27 Maret 2018

Tehnik Olah Vokal MC


Assalamualaikum 

Hari ini saya akan membahas bagaimana memperoleh suara yang baik  untuk menjadi  seorang MC (Master of Ceremony).  Seorang MC harus memiliki pernapasan yang baik. 

Maka, penyiar & mc mesti sering-sering latihan olah  vokal agar "tidak ngos-ngosan" saat bertugas, juga agar tarikan napas tidak masuk mikrofon.

Latihan olah vokal bermanfaat guna melatih pengucapan alat pelafalan kata, kekuatan suara, dan kekuatan serta kendali napas.

Latihan teknik vokal juga dimaksudkan agar saat bertugas, penyiar dan MC bisa mengeluarkan suara (berbicara) secara jelas, "merdu", indah, dan "memikat".


Latihan Pernapasan & Vokal
Berikut ini beberapa teknik latihan olah vokal yang biasa dilakukan di tempat kursus menyanyi serta kursus penyiar radio dan pembawa acara (MC). 

1.    Tarik napas (lewat hidung), keluarkan secara perlahan lewat mulut. 
2.    Tarik napas, tahan sejenak, lalu keluar kan secara perlahan.
3.   Ambil napas, keluarkan dengan cara berdesis: “sss… sss…s ss…” 
4.  Ambil napas, keluarkan dengan cara berdesis: “sss… sss…s ss…”, kali ini secara terputus-putus, kaya mompa ban sepeda pake pompaan "jadul".
5.    Aktifkan diafragma dengan tertawa lepas:  ha haha ha…. , hi hihi hi…., he hehe he…., huhuhuhu….., ho - ho - ho - ho –ho…
6.    Ambil napas, keluarkan sambil menyuarakan vokal A-I-U-E-O.

·Melatih otot rongga suara: NIN NEN NO HO HOHO HO.... NIN NEN NU HU HUHUHU. NIN NEN NE HE HEHEHE. NIN NEN NI HI HIHIHIHI. (Tempo: darilambatnaikcepat)


·Melatih kekuatan suara: "DO RE MI FA SO LA SI DO RE MI FA SO LA... " (nada rendah terus meninggi).


· Melatih Artikulasi – kejelasan pengucapan huruf dan kata, misalnya mengucapkan  “Kepala digaruk kelapa diparut” dengan cepat minimal 10 kali, ditambah dengan mengucapkan kalimat di bawah ini dalam satu tarikan napas!
Kuku-kuku kaki-kaki kakak-kakak kakek ku kaku-kaku  kenapa ku-paku.Aku terpaku terkikik-kikik, kakak-kakak ku terkekeh-kekeh. Aku terkikik-kikik bersama kakek-kakak ku, saat lihat kakak ku wajah kaku meringkik dan merangkak hingga kuku-kuku nya tersangkut paku-paku di sekitar palu.

selamat mencoba ya...semoga bermanfaat. demikian. wassalamualaikum




Tidak ada komentar:

Posting Komentar